Artikel Lainnya

Ritual Cheng Beng, Ziarah ke Makam Ala Keturunan Tionghoa

Apr 02, 2018

Festival Qingming atau yang sering kita dengar sebagai Ritual Cheng Beng dalam bahasa hokkian, adalah ritual tahunan etnis Tionghoa untuk bersembahyang dan ziarah kubur sesuai dengan ajaran Khong Hu Cu. Perayaan Cheng Beng biasa dilakukan pada hari ke 104 saat setelah titik balik matahari di musim dingin (atau hari ke-15 pada hari persamaan panjang siang dan malam di musim semi), yang pada umumnya dirayakan pada tanggal 5 April atau 4 April pada tahun kabisat.

Sehari sebelum ritual Cheng Beng ada hari yang dinamakan Hanshijie, diciptakan oleh Chong’er, Bangsawan Wen dari Negara Jin. Saat musim gugur, ia tak sengaja membunuh satu-satunya orang yang setia padanya. Chong’er ingin memanggil bawahannya agar keluar dari persembunyiannya dengan cara membakar hutan, sayangnya ia malah membakar bawahannya tersebut hingga tewas. Dengan sangat menyesal, ia memerintahkan seluruh warganya untuk tidak pernah menyalakan kompor dan memakan makanan dingin hingga hari-hari di tahun berikutnya. Namun pada akhirnya perayaan Hanshijie dirayakan bersama dengan perayaan Cheng Beng.

Perayaan Cheng Beng sendiri diciptakan oleh Kaisar Xuanzong dari Dinasti Tang sebagai pengganti perayaan nenek moyang yang dianggap terlalu membuang-buang biaya. Lalu Kaisar memutuskan untuk para masyarakat agar memperingati hari nenek moyang dengan satu hari saja.

Untuk perayaan Cheng Beng biasanya dilakukan dengan membersihkan kuburan terlebih dahulu. Lalu dianjutkan dengan membawa persembahan yang terbaik dari rumah, sedikitnya ada tiga jenis persembahan dalam Cheng Beng, yakni Sam Sang yang terdiri dari tiga daging ayam, ikan dan babi. Lalu ada Sam Kuo yakni terdiri dari tiga buah-buahan jeruk, pir dan apel. Dan terakhir Cai Choi, makan-makanan vegetarian seperti sayur. Selain itu juga ada tambahan seperti arak, aneka kue dan uang-uangan kertas yang nantinya akan dibakar dan dikirim kepada leluhur. (Aspertina)

Sekretariat Aspertina
EightyEight@Kasablanka Building Floor 32nd Unit A
Jl. Casablanca Raya Kav. 88
Jakarta 12870. INDONESIA

Phone :+62 21-29820200. Fax : +62 21-29820144

Copyrights © 2011-2016. Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia. All Rights Reserved.